Rabu, 02 Maret 2011

Apel Pagi
           Apel pagi, kegiatan ini rutin dilaksanakan di SD Islam Sunan Kalijaga setiap pagi hari yang bertujuan meningkatkan kedisiplinan siswa, di mana siswa dituntut untuk datang pada pukul 06.45 WIB karena jam pelajaran dimulai pada pukul 07.15 WIB. Dalam kegiatan tersebut siswa tidak hanya berbaris tetapi diisi dengan do`a bersama dan isi oleh materi lain yaitu, bahasa arab, bahasa inggris dan bahasa jawa serta tahfidz .
           Apel pagi dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas besar dan kelas kecil. Kelas besar diikuti oleh kelas IV-VI yang bertempat di halaman sebelah barat, sedang kelas kecil diikuti oleh kelas I – III bertempat di halaman sebelah timur.
Urutan acara apel pagi adalah yang pertama do`a bersama yang dipimpin oleh seorang siswa secara bergilir, kedua diisi materi bahasa, materi bahasa inggris disampaikan setiap hari senin, rabu, dan kamis yang dipandu oleh Ustadz Edi Warsito, materi bahasa arab disampaiakan setiap hari selasa, jum`at dan sabtu yang dipandu oleh Ustadz Sholichin, sedangkan materi bahasa jawa disampaikan setiap hari jum`at yang dipandu oleh ustadzah Wiwik Halimatussa`diyah untuk kelas kecil dan Bp. H. Abdul Latief Bukhori BA untuk kelas besar, ketiga diisi tahfidz yang dipandu oleh Ustadz Muhammad Yusuf untuk kelas besar dan Ustadz Muhammad Rouful Wahab untuk kelas kecil.
Ada beberapa tujuan yang diharapkan dalam pelaksanaan kegiatan ini, antara lain :
  1. Melatih kedisiplinan siswa.
Bagi siswa yang datang terlambat tidak diperbolehkan masuk barisan , tetapi berdiri di depan barisan dan tidak diizinkan masuk kelas sebelum mendapatkan i`qab dari asatidzah
  1. Menguasai dan memperdalam materi bahasa yang diajarkan di sekolah
  2. Untuk melatih keberanian untuk tampil bicara di depan umum, hal ini dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk memimpin do`a secara bergilir
  3. Memantapkan hafalan al-qur`an terutama juz 30 dan juz 29


Tidak ada komentar:

Posting Komentar