Rabu, 23 Februari 2011

Mengenal IPA sejak usia dini

                 Mengenalkan IPA kepada si buah hati tentu saja bukan membicarakan suatu informasi yang berat , seperti bagaimana bumi itu tercipta , atau mengapa gunung bisa mengeluarkan lava. Kita bisa memulai mengenalkan kejadian alam yang bisa dialami dalam kehidupan sehari – hari seperti bagaimana tanaman bisa tumbuh besar atau mengapa hewan peliharaan dirumah bisa mati
Mengetahui pengetahuan alam itu memang dimulai dengan bermain , caranya dengan mengenalkan tentang unsur di sekeliling kita seperti air, tanah, udara dan api .
Banyak orang tua yang melarang anaknya bermain air dikarenakan takut akan masuk angin, dengan bermain air kita bisa mengenalkan kepada anak bagaimana benda padat yang dimasukkan ke air itu bisa tenggelam ,benda ringan bisa mengapung, atau bagaimna air bisa berubah menjadi uap dan sebagainya.
                 Kunci awal mengenalkan anak tetang IPA adalah tak boleh takut kotor. Ajak anak bermain tanah , dari tanah kita bisa memperkenalkan banyak hal misalnya tentang proses tumbuhannya tanaman. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajak menanam biji – bijian di pekarangan rumah
                Untuk mengenalkan udara kepada anak , kita bisa menggunakan media spserti , balon, mengenalkan sifat benda gas, kepada anak bisa dengan mengajak lari padi dan memintanya untuk menarik dan menghembuskan nafas.
                 Mengenalkan api pada anak dapat membekalinya tetang api yang dapat membakar dan mengakibatkan panas bisa membuatnya lebih berhati-hati dalam bermain kembang api atau menyalakan lilin .
Belajar IPA memang menyenangkan , siapa tahu anak kira nanti akan berekspresi dan kelak akan menjadi ilmuan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar